Hello Cantik

Tips Cantik untuk Perempuan Indonesia

8 Larangan Saat Haid Menurut Medis

8 Larangan Saat Haid Menurut Medis

Apa saja larangan saat haid menurut medis? Mungkin kita sudah banyak mendengar dari berbagai versi. Namun, alangkah baiknya jika memperhatikan bagaimana hal ini dalam pandangan kedokteran atau medis.

Pada saat menstruasi banyak perempuan yang menjadi bad mood, uring-uringan dan malas melakukan berbagai hal. Sedangkan ini tidak baik bagi kesehatan. Ada beberapa larangan saat haid yang wajib kamu ketahui dan hindari.

Ketika darah haid sedang keluar, apalagi saat banyak-banyaknya membuat perempuan menjadi mager alias malas bergerak. Perubahan hormon turut mempengaruhinya. Siklus bulanan ini seharusnya tidak menjadi masalah yang menyebabkan kamu tidak bisa beraktivitas.

Apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan saat haid

Munculnya rasa malas saat haid merupakan efek dari perubahan hormon. Agar metabolisme dan peredaran darah tetap lancar, sebaiknya kamu tetap beraktivitas namun jangan melakukan pekerjaan yang memforsir tenaga. Apa saja larangan saat haid?

1. Malas mengganti pembalut

Darah merupakan media yang sangat cepat mengundang bakteri dan kuman. Sayangnya banyak perempuan yang enggan untuk segera mengganti pembalut dengan alasan belum terlalu penuh atau malas. Jangan pernah lakukan ini ya.

Kebiasaan buruk ini dapat mendatangkan banyak penyakit. Infeksi vagina dan bagian lain bisa menyerang dan datang kapan saja. Segera ganti pembalut jika sudah terasa kurang nyaman. Setidaknya setelah 3-4 jam kamu wajib membersihkan bagian kewanitaan dan mengganti pembalut dengan yang baru

2. Menonton film yang menguras emosi

Pernah melihat seorang perempuan ketika sedang menstruasi berubah menjadi temperamental? Atau barangkali kamu sendiri? Hal ini memang sering terjadi. Perubahan hormon selama keluarnya darah haid dapat mempengaruhi emosi.

Oleh karena itu jangan memperkeruh keadaan dengan menonton film yang dapat menguras emosi. Sebaiknya kamu menikmati tontonan yang menghibur dan menenangkan. Dengan demikian mudah untuk mengendalikan emosi dan tetap dapat bersikap lebih tenang. 

3. Mencabut bulu halus

Larangan saat haid berikutnya adalah mencabut bulu halus di seluruh permukaan kulit.  Saat menstruasi seluruh tubuh berubah menjadi sangat sensitif. Begitu pun terhadap rasa sakit. Jika sebelumnya cukup tahan, bisa jadi kamu akan merasa tidak nyaman.

Sebagian perempuan akan merasa risih ketika bulu-bulu halus mulai muncul di ketiak, betis dan melihat alis berantakan. Cara mudah mengatasinya dengan mengambil pinset, kemudian mencabutnya.

Sebaiknya jangan lakukan ini saat haid. Hormon dan kelenjar di tubuh sedang tidak stabil dan berbeda dari hari biasa. Rasa sakit akan mudah terasa. Ini yang menyebabkan ketika kamu mencabut bulu tersebut sakitnya lebih dari biasanya.

4. Begadang

Istirahat yang cukup sangat perlu bagi tubuh setiap hari, bukan hanya saat haid. Tubuh yang lelah menyebabkan hormon stres kortisol meningkat. Hal ini dapat memperparah kondisi premenstruasi yang menyebabkan susah untuk mengontrol emosi.

Tidur dapat kembali membuat tubuh menjadi fit. Selama beristirahat tersebut, darah pun akan mengalir dengan lancar. Menjaga mood saat menstruasi sangat penting agar tetap dapat produktif sepanjang hari.

5. Konsumsi susu dan turunannya

Salah satu zat penting untuk menjaga kesehatan tulang adalah kalsium. Susu dan turunannya merupakan sumber kalsium terbaik. Namun sebaiknya gunakan sumber lain, seperti dari bahan makanan nabati selama masa haid. Susu dan turunannya mengandung bahan berisi gas. Ini membuat perut menjadi begah dan kurang nyaman.

Resiko selanjutnya badan mudah drop. Lebih parah bisa menyebabkan kram pada usus dan iritasi. Menghindarinya beberapa saat selama menstruasi tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan.

6. Konsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang bisa menjadi penolong saat rasa lapar datang. Namun tahukah kamu bahwa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam saat haid tidak baik bagi kesehatan?

Rasa asin pada garam dapat mendorong retensi air kencing sehingga perut menjadi kembung. Resiko lebih parah bisa terjadi kram yang pasti sangat mengganggu aktivitas. Lebih baik menggantinya dengan sayuran segar, buah dan kacang-kacangan.

7. Minum yang mengandung kafein

Bukan hanya lelaki, perempuan pun banyak yang mengkonsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein seperti soda. Sedangkan efeknya selama haid sangat tidak bagus bagi kesehatan.

Kafein dapat mempengaruhi hormon seks. Disamping itu aliran darah pada rahim juga bisa mengalami penurunan. Karena itu stop kebiasaan minum kopi selama masa menstruasi.

8. Mager

Menstruasi sering kali menjadi alasan bagi perempuan untuk mager atau malas bergerak. Ini justru kurang baik bagi kesehatan. Sebaiknya kamu tetap aktif selama haid. Darah kotor akan dapat mengalir dengan lancar sehingga tidak tertinggal dalam rahim. 

Dengan aktif bergerak justru bisa membuat tubuh tetap fit. Memang sebaiknya kamu tidak melakukan pekerjaan berat karena kelenjar di tubuh sedang terbuka. Olahraga ringan seperti jalan santai, peregangan atau kegiatan berkebun dapat membuat tubuh tetap sehat.

Selama masa menstruasi tubuh mengalami perubahan hormon dibanding hari biasa. Larangan saat haid dapat menjadikan fisik dan psikis tetap terjaga. Kamu pun bisa terus beraktivitas tanpa gangguan. Siklus bulanan ini tidak harus mengurangi produktivitas dalam bekerja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Etika Menggunakan Aplikasi Grocery Online
Previous Post Etika Menggunakan Aplikasi Grocery Online
Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil
Next Post Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil