Hello Cantik

Tips Cantik untuk Perempuan Indonesia

5 Jenis Olahraga Penyembuh Penyakit Jantung yang Terbaik

5 Jenis Olahraga Penyembuh Penyakit Jantung yang Terbaik

Apakah ada jenis olahraga penyembuh penyakit jantung atau yang dapat menurunkan risiko penyakit ini? Olahraga rutin memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Penyakit lainnya yang dapat diminimalisir risikonya dengan aktivitas fisik ini adalah stroke, diabetes, depresi, dan kanker usus besar.

Meski olahraga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, namun pengidap jantung tidak disarankan untuk mengikuti jenis olahraga tertentu seperti yang sifatnya kompetitif. Misalnya sepakbola, basket, kompetisi jalan cepat, kompetisi lari maraton, dan sejenisnya. Alasannya karena memicu hormon adrenalin yang dapat memperberat kerja jantung.

Olahraga jalan cepat dan lari sebenarnya punya manfaat yang baik untuk jantung selama bukan untuk kompetisi. Supaya lebih tahu dua olahraga ini, Anda bisa kenali perbedaan jalan cepat dan lari agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Olahraga Penyembuh Penyakit Jantung

Ada jenis olahraga yang bisa menyehatkan jantung dan memperbaiki kinerjanya. Meski demikian, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan olah fisik. Pasalnya tidak semua olahraga baik untuk kesehatan Anda. Bahkan, jenis kegiatan fisik tertentu dapat membahayakan kondisi penyakit jantung.

Secara umum ada beberapa olahraga penyembuh penyakit jantung atau setidaknya menyehatkan dan memperbaiki kondisi penderita. Apa saja?

1. Meditasi

Olahraga yang aman dan sehat untuk jantung, terutama jantung koroner adalah meditasi. Aktivitas fisik ini tidak memerlukan terlalu banyak tenaga, tapi justru dapat melatih pernafasan dan memberikan ketenangan.

Apalagi salah satu pemicu penyakit jantung adalah stres dan tekanan psikis. Meditasi dapat menurunkan stres dan memberikan ketenangan batin. Sirkulasi darah dalam tubuh juga terbantu supaya lebih lancar. Secara tidak langsung ini dapat memperbaiki kesehatan Anda.

2. Olahraga Sepeda Santai

Bersepeda santai yang disarankan adalah pada sore hari ketika cuaca tidak panas. Bisa juga di pagi hari jika itu lebih nyaman dan menyegarkan. Selain dapat menghilangkan stress, bersepeda santai juga dapat memperbaiki suasana hati.

Olahraga ini terbilang ringan dan tidak membuat otot jantung berisiko bekerja terlalu keras. Jantung bekerja ringan hingga sedang. Sepeda santai bisa menjadi olahraga penyembuh penyakit jantung jika dilakukan dengan rutin dan sesuai izin dokter.

3. Jalan Kaki

Jenis olahraga ini baik untuk kesehatan jantung karena intensitasnya yang ringan. Berjalan kaki tidak akan mendorong jantung untuk bekerja terlalu keras. Justru dapat menyehatkan tubuh karena anggota badan digerakkan hampir secara keseluruhan.

Biasanya dengan berjalan kaki dengan jarak tertentu bisa membuat Anda berkeringat. Namun, jangan langsung berjalan jauh jika sebelumnya belum terbiasa. Anda dapat meningkatkan jarak tempuhnya secara bertahap.

4. Bola Basket, Sepak Bola, Futsal, dan Bulu Tangkis

Melakukan jenis olahraga ini masih dapat dilakukan jika bukan dalam ajang kompetisi. Apabila hanya untuk olahraga rutin, maka penderita jantung bisa melakukannya dengan konsultasi dokter sebelumnya.

Olahraga sepak bola, futsal, bola basket, dan bulu tangkis memiliki jeda yang bisa mengatur tempo gerakan jantung. Anda bisa memperoleh manfaat kesehatan sekaligus memperbaiki kinerja organ paling vital.

5. Senam Aerobik

Walupun senam aerobik tampak merupakan kegiatan yang energik, namun sebenarnya tidak menyebebkan otot jantung mendapatkan kinerja berat. Oleh sebab itu, aerobik aman untuk penderita jantung, bahkan untuk jantung koroner.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya. Dokter akan menyesuaikan dengan kondisi jantung Anda. Jenis olahraga di atas memang bukan olahraga penyembuh penyakit jantung secara khusus. Namun, dengan rutin melakukannya bisa memperbaiki dan menguatkan jantung. Jangan lupa meminta saran dokter karena dokterlah yang tahu kondisi kesehatan Anda secara spesifik.

Sumber:
Anlene.com
Halodoc.dom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Urutan Make Up Wardah untuk Pemula Agar Hasil Maksimal
Previous Post Urutan Make Up Wardah untuk Pemula Agar Hasil Maksimal
Bikin Uang Bulanan Lebih Bermakna dengan Aplikasi Virgo
Next Post Bikin Uang Bulanan Lebih Bermakna dengan Aplikasi Virgo