Hello Cantik

Tips Cantik untuk Perempuan Indonesia

Kenapa Rambut Panjang Gampang Rontok? Ini Jawabannya!

Kenapa Rambut Panjang Gampang Rontok? Ini Jawabannya!

Kenapa rambut panjang gampang rontok dibanding rambut pendek? Mungkin banyak orang yang mempertanyakan hal ini termasuk kamu, karena memang kenyataannya demikian. Ada banyak cara agar rambut cepat panjang tapi kamu juga perlu mengetahui hal ini.

Pasalnya, rambut yang sudah panjang lama-kelamaan justru akan sering rontok. Tidak hanya itu, rambut panjang malah jadi kering, bercabang, dan lebih cepat berminyak. Sudah tentu membuat kamu tidak percaya diri.

Lalu, apa sebenarnya yang menjadi faktor kerontokan pada rambut? Apakah karena panjang? Mari simak penjelasan lengkap pada artikel ini untuk mengetahui dan mengatasinya. Kamu pasti ingin mempunyai rambut panjang sehat berkilau, bukan?

Penyebab Rambut Panjang Gampang Rontok

Sebetulnya tidak hanya rambut panjang yang sering mengalami kerontokan, tetapi juga banyak pemilik rambut pendek yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan kerontokan biasanya terjadi karena kesehatan rambut berkurang. Oleh karena itu, kamu yang ingin mempunyai rambut sehat harus lebih ekstra dalam memberi perawatan.

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara mengatasinya, alangkah baiknya kamu memahami terlebih dahulu penyebab kenapa rambut panjang gampang rontok. Tujuannya supaya bisa mengatasi dan menghindari segala sesuatu yang menjadi faktor utama terjadinya kerontokan rambut. Untuk mengetahuinya, simak poinnya di bawah:

1. Rambut Terkena Bahan Kimia

Tanpa kamu sadari, rambut yang terkena proses kimia seperti rebonding, cat rambut, smoothing, dan lainnya akan membuat rambut cepat rusak. Jika tidak dirawat dengan sangat baik, maka rambut akan kering, bercabang, serta mengalami kerontokan.

Sekalipun proses tersebut sudah lama terjadi, tetapi rambut yang sudah terlanjur mengalami proses bahan kimia akan sulit diperbaiki kecuali dipotong. Setelah itu, berikan perawatan lebih untuk menyehatkan kulit kepala.

Utamakan memberi nutrisi untuk kepala agar rambut tidak kering. Karena rambut kering akan rentan patah dan rontok diakibatkan akar yang tidak kuat. Penggunaan bahan kimia yang terus menerus juga membuat kerontokkan bisa semakin parah.

2. Gangguan Kesehatan

Apabila kamu mengalami sakit tertentu, maka rambut secara otomatis berhenti tumbuh. Begitu juga dengan rambut yang kekurangan gizi. Jika tidak segera sembuh, saat itulah fase rambut mulai mengalami kerontokan. Tenang, rambut akan tumbuh kembali bila kondisi mulai membaik.

Sebab itulah, kamu harus menjaga kesehatan rambut dengan menjaga kesehatan diri. Karena keduanya tidak bisa dipisahkan.

Berikut ini gangguan kesehatan yang sering mengakibatkan rambut rontok:

  • Kekurangan nutrisi dalam tubuh seperti protein.
  • Menderita penyakit parah seperti Autoimun, infeksi berat, kelenjar tiroid, dan penyakit lainnya.
  • Menderita demam dan kekurangan zat besi parah.

Memang beberapa gangguan kesehatan di atas tidak semua bisa disembuhkan dengan segera. Bahkan efek obat juga bisa menyebabkan rambut rontok, loh.

3. Faktor Genetik

Alasan kenapa rambut panjang gampang rontok juga dapat disebabkan karena faktor keturunan. Pasalnya, folikel rambut biasanya dikendalikan oleh faktor genetik termasuk kualitasnya. Penyakit yang diberi nama androgenetic alopecia ini membuat folikel rambut seseorang sangat sensitif terhadap hormon yang diproduksi tubuh.

4. Olah Raga Berlebihan

Seseorang yang sedang menjalani diet, sehingga mengurangi asupan makan dan olahraga berlebihan dapat membuat rambut mengalami rontok. Mengapa demikian? Karena olahraga akan menghasilkan hormon testosteron. Hormon ini justru yang akan mematikan pertumbuhan rambut kamu. Ingat ya, ini hanya untuk olah raga yang berlebihan saja.

5. Sampo yang Tidak Cocok

Setiap rambut mempunyai kondisi yang beragam. Ada yang berketombe, gampang berminyak, kering, dan sensitif. Karenanya harus memilih sampo yang sesuai dengan kondisi kepala. Memilih bahan yang terkandung di dalamnya juga tidak boleh sembarangan.

Shampo yang bagus untuk mengatasi rambut rontok rekomendasi terbaik adalah Dove Total Hair Fall Treatment. Akar rambut terkunci dengan nutrisinya dan memang sudah teruji secara klinis.

Misal kandungan surfaktan yang tidak cocok untuk kulit sensitif atau kandungan paraben yang tidak dianjurkan untuk kulit kepala yang berketombe. Ada banyak lagi kandungan yang harus disesuaikan termasuk untuk rambut rontok supaya tidak makin parah.

6. Kurang Tidur dan Stres

Kenapa rambut panjang gampang rontok? Percayalah, stres akan membuat seseorang kesulitan untuk tidur. Kondisi tersebut bila berlangsung lama dapat menjadi penyebab rambut rontok. Pasalnya, kurang tidur akan membuat kamu terasa sangat lelah, sehingga kebutuhan kulit kepala menjadi berkurang.

Begitu pula dengan stress yang memproduksi kortisol. Kortisol tersebut dapat mematikan folikel pada rambut, jadi rambut akan berhenti tumbuh dan rontok. Apabila kamu sedang mengalami stress  berat cobalah untuk mengontrolnya. Jika merasa kesulitan, sebaiknya konsultasikan agar memperoleh penanganan dan obat.

7. Merokok

Penuaan bisa terjadi akibat merokok. Penuaan di sini bukan usia seseorang melainkan penuaan pada rambut. Apabila kamu perokok aktif dan kurang perawatan rambut, maka kulit tidak akan mendapatkan sirkulasi darah yang baik. Tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami kebotakan jika tidak segera diatasi.

Hal yang Harus Dilakukan agar Rambut Panjang Tidak Rontok

kenapa rambut panjang gampang rontok dan cara mengatasinya
Source via Freepik.com

Jadi sekarang kamu paham kenapa rambut panjang gampang rontok. Bukan karena panjangnya karena rambut panjang tidak selalu mempengaruhi kerontokan pada rambut kecuali penyebab yang sudah disebutkan di atas.

Umumnya rambut seseorang akan mengalami kerontokan maksimal 100 helai setiap harinya. Karena memang menjadi siklus pada folikel rambut. Lebih dari itu baru dikatakan parah.

Rambut yang sehat karena selalu dirawat tidak akan mengalami masalah rambut rontok. Namun, perlu diketahui bahwa rambut panjang memang membutuhkan perawatan lebih. Hal demikian dikarenakan rambut yang panjang berada jauh dari folikel.

Folikel tersebut hanya menyediakan nutrisi untuk bagian pangkal rambut saja. Sehingga nutrisi untuk ujungnya dibutuhkan dari luar. Kamu berniat ingin memanjangkan rambut atau merawatnya supaya tidak lagi rontok? Begini cara mengatasinya:

1. Menjaga Kesehatan Diri

Tubuh yang sehat akan memberikan dampak baik ke segala organ tubuh termasuk kulit kepala dan rambut. Cukupi kebutuhan gizi dengan banyak mengonsumsi protein, zat besi, vit. B Kompleks, kolagen, dan nutrisi lain yang akan memberikan nutrisi pada folikel rambut.

2. Melakukan Perawatan Pada Rambut

Perawatan ini biasanya dilakukan dari luar seperti rutin membersihkan rambut dengan keramas, tetapi tidak dianjurkan setiap hari. Karena dapat merusak kelenjar minyak pada rambut. Lakukan 2-3 hari sekali saja.

Setelah itu, berikan serum dan hair tonic khusus setiap kali selesai membersihkan rambut. Tujuannya agar batang rambut menjadi lebih kuat. Pastikan untuk mengaplikasikannya saat kondisi rambut mulai mengering. Bukan saat masih basah di area pangkal rambut.

Tidak lupa untuk rutin melakukan perawatan lain seperti masker. Masker bisa berupa produk jadi atau bahan alami. Namun, jika memungkinkan pilihlah bahan alami misal minyak kemiri dan coconut oil atau masker dari buah-buahan.

Lidah buaya juga bagus untuk dijadikan masker rambut yang berguna untuk menjaga kelembapannya. Pastinya agar tidak mengembang.

3. Hindari Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut

Ada banyak kebiasaan yang sering diabaikan orang termasuk pemilik rambut panjang. Tanpa sadar hal tersebut justru membuat rambut rusak. Kamu yang tidak ingin rambutnya rontok jangan lakukan kebiasaan ini:

  • Mengikat rambut terlalu sering dan kencang karena rambut juga butuh bernafas.
  • Mengeringkan rambut dengan pemanas setiap hari.
  • Melakukan pengecatan, rebonding, smoothing, dan proses kimia lain yang dapat merusak folikel rambut.
  • Menyisir rambut saat masih basah.
  • Menggunakan sisir yang terlalu rapat.

Kesimpulannya kenapa rambut panjang gampang rontok adalah bukan karena panjang atau pendeknya rambut. Melainkan kondisi kesehatan rambut itu sendiri yang diakibatkan oleh kebiasaan kamu karena tidak pernah atau jarang merawat rambut.

Kalau kamu ingin memiliki rambut panjang yang lebat dan menawan seharusnya tidak boleh malas merawatnya. Pasalnya, selain butuh perhatian lebih, merawat rambut panjang cukup melelahkan. Seperti menyisir, keramas bahkan memijatnya sesekali. Jika punya uang lebih kamu bisa melakukan perawatan di salon setiap bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keunggulan Skintific Eye Cream dari Beautyhaul Indonesia
Previous Post Keunggulan Skintific Eye Cream dari Beautyhaul Indonesia
Cara Membuat Masker Lemon Untuk Memutihkan Wajah
Next Post Cara Membuat Masker Lemon Untuk Memutihkan Wajah