Hello Cantik

Tips Cantik untuk Perempuan Indonesia

Cara Menghilangkan Perih Pada Luka Lecet

Cara Menghilangkan Perih Pada Luka Lecet

Apakah kamu sedang mencari cara menghilangkan perih pada luka lecet dengan cepat? Artikel ini akan memberikan beberapa tips cara mengatasinya.

Meski tergolong luka ringan, tetapi luka lecet bisa menimbulkan perih yang teramat. Bahkan jauh dibandingkan luka besar. Kamu tidak akan merasa nyaman jika tidak segera diobati.

Jika biasanya kamu membiarkan luka itu sembari meniupnya untuk meringankan rasa perih, sebenarnya ada banyak cara lain yang dapat kamu lakukan. Simak ulasannya sampai selesai agar tidak salah penanganan.

Penyebab Timbulnya Luka Lecet

Sebelum membahas cara menghilangkan perih pada luka lecet, kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu supaya bisa menanganinya dengan benar. Luka lecet adalah kondisi dimana lapisan epidermis atas kulit terkelupas akibat gesekan benda kasar.

Sebetulnya kulit mampu menahan gesekan apapun untuk mencegah kerusakan. Akan tetapi, hanya tingkat wajar dan akan terjadi lecet jika terus bergesekan. Apa saja penyebab luka lecet yang biasa terjadi? Lihat poinnya di bawah:

1. Terjatuh

Selain mengalami luka parah, kemungkinan kamu hanya mengalami luka lecet saat terjatuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa luka lecet akan meninggalkan rasa perih yang teramat. Apalagi kalau areanya cukup luas dan sedikit dalam serta darah.

2. Latihan Daya Tahan

Saat kamu melakukan olahraga baik itu berlari, bersepeda atau senam ternyata dapat menjadi penyebab mengalami lecet terutama pada area selangkangan. Pasalnya gesekan yang rutin ditambah keringat yang membuat kulit lembab akan membuat kulit semakin rentan lecet.

Apalagi menggunakan pakaian yang ketat, kasar, dan tidak sesuai untuk aktivitas olahraga. Kemungkinan terjadinya lecet akan semakin besar.

3. Kelebihan Berat Badan

Kenapa gemuk bisa menjadi penyebab luka lecet terutama area paha? Kamu mungkin belum tahu alasannya. Karena sebenarnya kegemukan akan menimbulkan lemak berlebih di seluruh tubuh begitu pun pada bagian paha.

Mengingat paha orang gemuk tidak mempunyai sekat antara paha satu dengan lainnya, maka gesekan kulit tidak bisa dihindarkan. Semakin banyak bergerak, semakin cepat juga terjadi lecet.

4. Menyusui

Ibu yang sedang menyusui paling sering mengalami lecet. Entah karena gigitan bayi atau terlalu sering melakukan gesekan pada bra saat mengeluarkan dan memasukkan. Ditambah lagi air susu yang keluar bisa menyebabkan area kulit itu lembab, sehingga mudah terjadi lecet.

5. Sering Mengenakan Rok atau Gaun

Pemakaian rok memang membuat seseorang nyaman, tetapi pemakaian rok akan membuat terjadinya gesekan pada kulit meski tidak gemuk. Apalagi kalau tidak memakai dalaman panjang untuk melapisi rok di cuaca panas. Kulit akan sangat mudah mengalami lecet.

6. Pakaian atau Sepatu yang Ketat

Baik itu pakaian atau sepatu bisa menjadi penyebab kulit mengalami lecet. Pasalnya gesekan yang terlalu dekat dan tidak membuat nyaman akan mengikis lapisan atas kulit, sehingga terjadi lecet.

Langkah Mengobati Luka Lecet

Hal pertama yang kamu lakukan ketika mengalami luka lecet sudah tentu mengobatinya terlebih dahulu. Langkah tepat melakukannya antara lain dengan:

  • Mencuci tangan hingga bersih dengan sabun agar tidak ada kuman yang menempel.
  • Jika sudah, mulai bersihkan area luka menggunakan air mengalir atau cairan lain seperti infus NaCL dan saline. Tujuannya agar area luka tetap steril.
  • Kemudian berilah sabun lembut untuk membersihkan luka lecet dari bakteri atau kuman yang menempel.
  • Hindari pemakaian cairan yang mengandung alkohol, hidrogen peroksida dan iodin saat membersihkan luka karena bisa menimbulkan iritasi juga rasa perih.
  • Bila perlu oleskan salep khusus untuk melembabkan area luka, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan seperti salep antibiotik.
  • Jika agak dalam kamu bisa menutup luka dengan plester atau kasa sesuai kebutuhan. Akan tetapi, lakukan pergantian secara rutin setiap kali terkena cairan.
  • Kompres terlebih dulu bila terjadi pembengkakan atau memar pada luka.

Nah, cara menghilangkan perih pada luka lecet paling efektif adalah dengan penanganan luka yang tepat menggunakan produk Betadine. Antara lain produk P3K seperti BETADINE® Antiseptic Solution dan Betadine Plaster untuk menutup luka.

BETADINE® Antiseptic Solution mempunyai kandungan Povidone-Iodine 10% sehingga dapat membunuh kuman penyebab infeksi dan bekerja lebih cepat dalam mengobati luka karena memiliki kandungan antimikroba.

Untuk penutup luka lecet ataupu luka gores, kamu bisa sedia selalu Betadine Plaster yang terdiri dari 3 macam. Ada Betadine Plaster Elastic Fabric, Betadine Plaster Junior, dan Betadine Plaster Waterproof Transparent.

Ketiga plaster dari Betadine ini sifatnya elastis, tidak merekat pada luka, steril, mampu mencegah infeksi pada luka, dan tentunya kedap air. Untuk anak-anak, ada Betadine Plaster dengan desain yang menarik. Cocok untuk anak-anak.

Ada pula Betadine Plaster Waterproof Transparent yang desainnya unik karena transparan. Fungsinya sama, yaitu menutup luka dan kedap air. Namun, lebih elegan tampilannya. Berikut beberapa produk dari Betadine untuk P3K :

Mengapa memilih produk Betadine untuk pengobatan luka? Alasannya karena BETADINE telah dipercaya oleh masyarakat serta tenaga kesehatan seluruh dunia lebih dari 50 tahun.

Cara menghilangkan perih pada luka lecet ini terbukti ampuh supaya luka tidak infeksi dan mengurangi sakit akibat terkena air, debu, ataupun tergesek. Luka lebih terlindungi dengan baik dengan produk P3K dari Betadine. Selain untuk P3K, ada banyak pilihan produk yang bisa kamu lihat di website https://betadine.co.id/

Cara Menghilangkan Perih Pada Luka Lecet dengan Bahan Sederhana di Rumah

Setelah melakukan pengobatan, tetapi masih terasa perih. Kamu pasti ingin tahu bagaimana cara menghilangkan perih pada luka lecet tersebut dengan cepat? Jika memang perih masih sangat terasa meski sudah diobati, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut:

1. Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya selain terkenal untuk melembabkan kulit juga sangat ampuh untuk memberikan efek tenang pada kulit dan mencegah iritasi. Jika setelah membersihkan luka rasa perih masih terasa, kamu bisa mencoba mengoleskan gel lidah buaya tanpa parfum.

Jangan pula menggunakan secara langsung dari pohon karena getahnya bisa menyebabkan gatal. Untuk langkah ini bisa kamu lakukan pada semua bagian tubuh termasuk paha.

2. Kompres dengan Es Batu

Cara menghilangkan perih pada luka lecet bisa pula dilakukan dengan memberikan kompres pada bagian luka lecet dengan es batu. Sama seperti lidah buaya, es batu berfungsi untuk menenangkan kulit dan menghindari terjadinya iritasi.

Namun, keringkan segera jika sudah selesai. Karena luka lecet yang terkena air atau basah biasanya menjadi pemicu rasa perih. Jangan tambahkan cairan apapun agar perihnya tidak semakin parah.

3. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila semua cara sudah dilakukan, tetapi rasa perihnya tak kunjung reda kamu bisa mencoba alternatif lain seperti meminum obat pereda nyeri. Biasanya rasa perih sulit sembuh jika lukanya cukup dalam dan parah. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba minum obat yang dibeli di Apotik.

Berapa Lama Luka Lecet Sembuh?

Baik luka atau rasa perih biasanya akan cepat sembuh hanya dengan hitungan hari. Hanya saja, ada beberapa luka yang memang susah pulih terutama yang luka lecetnya termasuk parah. Misal akibat kecelakaan terkena aspal, maka kamu harus menunggu cukup lama agar bisa pulih.

Selain itu, ada faktor lain yang menjadi penyebabnya karena setiap orang mempunyai sistem penyembuhan alami berbeda. Faktor itu bisa dipengaruhi lingkungan, daya tahan tubuh, usia atau menderita penyakit tertentu. Juga cara penanganan yang dilakukan tiap orang.

Tips Pencegahan Terjadinya Luka Lecet pada Bagian Tubuh

Semua orang pasti tidak ingin mengalami luka lecet karena selain rasanya perih juga kulit akan meninggalkan bekas. Noda hitam pada kulit tidak mudah dihilangkan apalagi di bagian tertentu terutama area wajah. Karena itu, kamu perlu melakukan pencegahan dengan cara:

  • Menjaga berat badan supaya lemak tidak menumpuk dan tidak terjadi gesekan pada kulit.
  • Gunakan pakaian yang longgar atau alas kaki yang pas agar tidak menyebabkan lecet. Bila perlu tambahan ganjalan pada bagian belakang untuk mencegah gesekan kasar.
  • Menggunakan lotion, bedak tabur atau oil untuk mengurangi gesekan kulit.
  • Gunakan pakaian panjang ketika berada di luar ruangan seperti alam untuk mencegah lecet saat terjatuh.
  • Menjaga kondisi kulit agar luka lecet tidak bertambah parah.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan perih pada luka lecet paling cepat. Namun sebenarnya luka lecet bisa segera hilang bila tidak terlalu parah. Karena biasanya kulit akan langsung terbiasa menerima kondisi terkelupasnya epidermis kulit. Tanpa perlu perawatan apapun.

Kendati demikian, kamu tetap harus merawatnya agar tidak semakin parah. Apalagi sampai timbulnya nanah, bengkak, dan bahaya lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

6 Tips Memilih Distributor Kosmetik Murah Tangan Pertama
Previous Post 6 Tips Memilih Distributor Kosmetik Murah Tangan Pertama
Rangkaian Produk Skincare untuk Usia 40 Tahun
Next Post Rangkaian Produk Skincare untuk Usia 40 Tahun